Mahasiswa oh Mahasiswa

Kali ini pengen share cerita tentang pengalaman menjadi mahasiswi baru hihi.

Pastilah bahagia banget rasanya setelah bertahun-tahun berstatus pelajar, finally saya berstatus mahasiswa. Senang sekali rasanya berada di tengah-tengah keluarga besar Universitas Diponegoro khususnya keluarga besar Administrasi Bisnis. Saya menjadi mahasiswa baru angkatan 2012/2013. masih fresh kan ya. :)

Sebelum benar-benar merasakan kegiatan perkuliahan yang sebenarnya, kami mahasiswa baru mengikuti 5 hari kegiatan PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) dan 1 hari terakhirnya diadakan inagurasi fisip yang menampilkan pentas seni dari berbagai jurusan yang ada di fisip. Di kegiatan PMB, kami benar-benar diperkenalkan tentang dunia perkuliahan. Mulai dari beberapa dosen yang akan mengajar kami, berbagai macam ukk / ukm serta tentunya ada penjelasan materi tentang apa ya saya lupa hahaha. Asli selama PMB yang dimulai pagi jam 7an dan selesai sampai jam 4an, itupun bersyukur kalau tepat waktu, kalau ngaret ya sampai jam 5, rasanya beneran deh ngantuk. Nggak cuma itu, beberapa hari duduk lesehan beneran deh ngebuat kaki pegel-pegel, apalagi kalau pulang rumah pasti sampai maghrib, aduduh rasanya awesome banget.

Tapi overall sih kegiatan PMB sangat menyenangkan walaupun ada nggak enaknya juga. Faktor kesenangan yang pertama adalah "Makan Siang Gratis". Iyup, jadi kami selama PMB itu dapet jatah makan siang gratis. Dan menunya lumayan lah untuk anak-anak seperti kami yang serba bokek. Trus ada games-games dari kakak-kakak senior yang membuat angkatan kami semakin mengenal satu sama lain ya walaupun masih ada beberapa yang jaim. Nah kalau senior disini, mereka baik-baik, nggak ada seorangpun yang menonjolkan sisi senior kepada junior mereka. Jadi rasa sungkan kepada senior ya nggak sebesar waktu ngadepin senior di SMA.

Setelah selesai PMB, minggu depannya kami sudah memulai perkuliahan. Minggu pertama banyak yang isinya cuma pengenalan doang. Dan dosennya Alhamdulillah nggak banyak yang horror. Nah minggu berikutnya mulai deh para dosen memberi materi. Jujur, ada satu matkul yang bener-bener ngebuat saya stress dan frustasi, padahal cuma 1sks, dan itu adalah matkul olahraga. Karena dari dulu saya nggak suka mata pelajaran olahraga. Saya stress karena ada materi "Renang" di dalamnya. Iya, saya nggak suka renang dan nggak bisa renang. Rasanya kalau udah waktunya buat materi renang, pengen deh seketika lenyap dari muka bumi ini.

Suatu hari tiba saatnya jadwal renang, di malam hari sebelumnya saya sudah berserah kepada-Nya, dan memotivasi diri sendiri bahwa renang itu mudah. Esok harinya saya berangkat seperti tidak ada beban apapun. Tetep aja sampai sana ndredeg, ketar-ketir, perut mules padahal itu baru sampai parkiran. Ohya jadi jadwal kami, anak administrasi bisnis bebarengan dengan anak psikologi, anak mipa, pokoknya banyak deh campur jadi satu. Mau nggak mau, saya ikut deh gabung dengan mereka semua. Nah akhirnya kami semua dibagi menjadi 3/4 kelompok dengan dosen yang berbeda. Dan parahnya kelompok saya dapet bapak dosen yang super galak. Ya karena saya takut dimarahin gara-gara cemen nggak berani masuk kolam renang, akhirnya saya masuk deh di kolam neraka itu. FYI, itulah kedua kalinya saya masuk kolam renang selama saya hidup. Iya, saya baru masuk kolam renang ya saat itu yang kedua. -_-

Sampai akhirnya nyebur di kolam dengan ketinggian 1,5 m, rasanyaaaa Ya Allah... Badan nggak bisa gerak diawal-awal, perut tambah mules, jantung super deg-degan nggak karuan dan tentunya jadi susah nafas. Reflek saya memegang erat orang yang ada disebelah saya, bodo amat dah nggak kenal sama sekali sama doi. Dan untungnya dia juga nggak berani renang. Akhirnya sepanjang pelatihan teknik renang, kita bedua mah cuma jalan aja, kayak orang lagi jalan di jalanan yang tergenang air setinggi 1,5m. :')

Dan parahnya, 2/3 minggu setelahnya, diadain ujian renang buat nilai UTS. Rasanya pengen die ajah ini aslik. Dan pas hari H nya, untung deh bapak dosen OR saya sih baik banget. Dibolehin tuh yang nggak bisa renang buat jalan, kesenangan saya semakin bertambah karena ujian tersebut diadakan di kolam renang dengan ketinggian 1 METER! Tapi ya konsekuensinya harus puas dapet nilai C.

Tapi akhirnya di ujung semester ganjil ini, Alhamdulillah banget sih OR bisa jadi B. Ini mah termasuk lumayan banget buat orang yang nggak bisa sama sekali renang, "Sama Sekali" saudara-saudara sekalian.

Tentang kehidupan perkuliahan di kampus, ya ada senang ada dukanya sih. Senangnya bisa dapet temen-temen sekelas yang baik-baik. Bersyukur banget bisa dapet temen seperti mereka, sederhana, nggak banyak petingkah, ya banyak positifnya.

Nah kalau dukanya itu ada bu dosen yang bener-bener perfect, nggak jam datengnya, jam ngumpulin tugas, banyak deh. Jadi saat hari perkuliahan beliau siang gitu jam 11.30, saya berangkat dari rumah jam 10.30. Ternyata belum jauh dari rumah, ban motor bocor. Itu kondisinya siang yang superduper puanas, uang mepet, dan harus ngumpulin tugas beliau. Jam 11.00 motor udah selesai ditambal, belum jalan 5 menit, motor bocor lagi. Dan akhirnya saya nyerah, saya terpaksa bolos jam kuliah beliau. Dibelain dateng naik angkot 2 kali, belum sempet sarapan, sampai sana emang sih perkuliahan belum kelar, tapi... tugas yang telah saya buat dengan susah payah akhirnya ditolak mentah-mentah.

Pengalaman nggak enak sih banyak, dari ditabrak sama anak kampus sendiri, gara-gara saya mau belok ke kanan, padahal udah nyalain righting, eh diserempet juga sama si mas-masnya gegara doi ngebut. Tapi Alhamdulillah sih mereka bertanggung jawab, minta maaf gitu. Tapi ya mengorbankan celana robek, tangan dan kaki luka ringan dan korban perasaan (nb: malu diliat orang).

Sistem keamanan di parkiran fisip terbilang aman tapi terkadang kurang aman. Karena disini parkir tanpa menggunakan kartu, kalau di fakultas teknik sudah menerapkan penggunaan kartu parkir. Pernah nih saya kehilangan jas hujan di parkiran kampus. Nggak habis pikir sama malingnya, semepet-mepetnya karena kondisi hujan, jangan sampai deh ngembat jas hujan orang. Mana doi ngambil jas hujan doang, slayer yang satu paket saya taruh, nggak diambil coba. -_-

Soal berorganisasi di kampus, saya sedang mengikuti organisasi IMA (Indonesia Marketing Association) Sub chapter Undip. Organisasi ini termasuk UKM tingkat Universitas. Jadi dengan mengikuti ini, teman-teman saya bertambah dari berbagai fakultas dan angkatan. Nah UKM yang ada di undip buanyaaak banget. Yang jadi favorit itu biasanya AIESEC sc Undip, PSM, PRISMA dan tentu saja IMA sc Undip. x))

Di semester awal ini, saya masih menjadi mahasiswi polos nggak banyak petingkah, maklum masih termasuk maba, tapi semester berikutnya ..... we'll see! hahaha.



You Might Also Like

0 komentar