Tutorial Cara Menggunakan QQ Music Mobile App (Indonesian Version)

by - 12.02

QQ Music adalah salah satu layanan streaming dan download musik yang berasal dari China. Aplikasi ini mirip dengan Spotify / Melon/ Joox / platform layanan musik lainnya. Kalau menurut aku sih ini mirip banget sama Melon Korea dari segi kecepatan update lagu-lagu terbaru, koleksi lagu-lagu yang lengkap, cuma bedanya kalau Melon Korea lebih fokus ke lagu-lagu korea sebagai pencarian utama, nah kalau QQ Music lebih ke lagu-lagu mandarin. Ya sesuai kan ya dengan asal muasal dia, tapi untuk koleksi lagi-lagunya patut aku acungi jempol. Update lagunya cepet banget, apalagi buat penyuka kpop, update QQ Music lebih cepat daripada Spotify yang butuh beberapa hari buat masukin ke list lagu penyanyinya.

Aku tahu tentang QQ Music sebenernya udah lama, semenjak aku sering main weibo. Tapi dulu sih ada yang bilang kalau QQ Music nggak bisa dipakai selain di China, jadinya males deh buat nyoba. Eh beberapa minggu ini, aku lagi tergila-gila sama satu musisi, namanya Dimash Kudaibergenov yang berasal dari Kazakhstan. Gara-gara dia nih aku jadi berusaha sekuat tenaga kuda buat menaklukan QQ Music. "Secara nggak bisa bahasa mandarin sama sekali" >,<


(cr: IVVPLUME)

Cakep yak si Dimash? hehe. Selain paras tampan, body perfect yang tinggi banget, yang terpenting  sih suara dia, aduhai membuat meleleh pendengarnya. Aku jadi ngefans sama Dimash juga secara nggak sengaja. Inget banget tahun kemarin aku pernah lihat video dia nyanyi "Opera 2" di explore instagram. Aku pikir dia udah tua lho karena dandanan dia waktu itu asli rada gimana gitu, eh ternyata seumuran. Setahun setelahnya, aku menemukan video dia lagi di youtube karena lagi iseng cari lagunya Vitas yang "Opera 2". Abis nonton video dia yang nyanyi "Opera 2", kok jadi ketagihan ya? akhirnya ngubek-ngubeklah seluruh isi youtube untuk mencari video-video dia.

Oh iya, yang belum kenal Dimash itu siapa? dia adalah salah satu musisi asal Kazakhstan yang makin terkenal secara Internasional khususnya di wilayah China setelah mengikuti program kompetisi khusus penyanyi-penyanyi profesional yang bernama "SINGER 2017". Dimash ini memang dari lahir udah berbakat, karena di dalam darah dia mengalir darah musik. Sang kakek pemain dombra, sang nenek penyanyi serta kedua orangtuanya adalah musisi terkenal di Kazakhstan. Jadi jangan heran dia bisa memainkan berbagai macam alat musik dan kehebatan vokalnya yang telah diakui secara Internasional.

Lah malah ngebahas Dimash hehe. Nggak apa ya? karena berkat dia, aku jadi tahu tentang QQ Music. Aku itu tipe orang yang suka musik dengan berbagai bahasa, jadi bahasa apapun nggak masalah, asalakan lagunya nyaman di telingaku. Si Dimash ini setelah menyelesaikan program "Singer 2017", banyak mendapatkan penawaran mengeluarkan lagu-lagu baru di China. Salah satu platform layanan musik digital yang mengeluarkan lagu-lagu dia ya QQ Music. Kebanyakan lagu yang dia nyanyikan itu menggunakan bahasa Kazakh, Mandarin & Inggris. Jadi demi mendengarkan single-single terbaru dia, aku rela berpuyeng ria menggunakan QQ Music untuk pertama kalinya.

Okss.. Back to topic.. :p

Kalau aku selama ini cuma pakai Spotify. Tapi setelah menemukan QQ Music, Spotify di handphone aku hapus, aku pindah ke laptop aja karena memori di hp aku sangat kecil. Aplikasi QQ Music juga membutuhkan space memori yang cukup besar. Tapi sih QQ Music cukup menyenangkan dipakai sehari-hari. Jujur sih aku lebih suka QQ Music dibanding Spotify. Kelebihan QQ Music itu, dia memiliki lirik di setiap lagunya baik lagu barat, mandarin china - taiwan, jepang sampai lagu-lagu korea. Selain itu, kita bisa menonton MV sang artis, rekomended banget deh buat kamu yang suka cari lagu-lagu baru. dijamin nggak nyesel deh pakai aplikasi ini.

QQ Music menawarkan layanan streaming gratis dan tentunya ada pula yang berbayar. Kalau gratis sih tentunya ada beberapa fasilitas yang tidak bisa kita pakai. Contohnya, nggak semua lagu bisa kita mainkan, apalagi yang suka cari lagu kpop / artis kpop terkenal macam EXO, Big Bang sampai Wanna One. Buat lagu yang lama kayaknya masih bisa kita mainkan, tapi kalau lagu-lagu baru apalagi lagu ter-update ya mohon maap harus berbayar. T.T

Lagu yang tidak bisa kita mainkan sih cuma beberapa persen saja, masih banyak lagu-lagu yang bisa kita streaming secara gratis. Contohnya saja lagu-lagu kepunyaan Dimash, NCT, 20 Years Of Age dan jutaan koleksi lagu-lagu dari penyanyi sedunia.



Kalau lagu kepunyaan Dimash, dari 40 lagu, yang nggak bisa dimainkan hanya 2. Sedangkan lagu kepunyaan 20 Years Of Age, dari 45 lagu, cuma 12 yang bisa dimainkan. Masalah lagu-lagu yang tidak bisa dimainkan itu bukan hanya perihal harus berbayar saja, ada juga yang nggak berbayar tapi tetap tidak bisa dimainkan seperti lagu mas twenty. Ada yang bilang sih masalah copyright, jadi lagu-lagu itu hanya tersedia di wilayah China saja. Banyak yang menyarankan menggunakan VPN gitu deh tapi akunya males aja sih, mending cari lagu-lagu yang tidak bisa dimainkan itu di Spotify aja, kan langsung beres. x)

Cara Mendaftar QQ Music

1) Langkah pertama. Tentunya download QQ Music dulu ya. Aku pertama kali download QQ Music via Play Store / App Store. Tinggal ketik "QQ Music", nanti pilih aplikasi "QQ音乐". Terus download aja deh. Tenang, buat pakai QQ Music ini Alhamdulillah sih nggak butuh pakai VPN sama sekali kok.


Untuk membuat akun di QQ Music, kita diberi 2 pilihan, yaitu menggunakan akun WeChat atau  akun QQ. Karena aku sudah mempunyai akun WeChat, jadi aku pakai itu deh. Tapi kemarin aku sempat mencoba membuat akun QQ untuk login QQ Music ternyata gampang genks. Kamu bisa membuat akun QQ di QQ Registration, terus ikutin aja langkah-langkahnya. Cuma 3 menit beres. Di website itu juga tersedia bahasa inggris jadi sangat mempermudah kita. Nah buat yang udah punya akun WeChat ya monggo, cara ini juga gampang banget.

2)  Langkah kedua, buka aplikasi QQ Music. Kalau kamu pakai WeChat buat mendaftar, jangan lupa akun WeChat kamu sudah dibuat ya.

Kemudian klik bagian yang telah aku beri tanda panah pada bagian kiri atas. Mohon maap sekali lagi, aku ini buta bahasa mandarin, baca aja nggak bisa, jadi di tutorial ini aku pakai panah dan kotak aja ya biar lebih gampang. :p

3) Langkah ketiga, klik pada bagian yang bertanda panah, untuk masuk / login ke profil kita.


4) Langkah keempat, klik pada bagian bergambar icon WeChat. 



5) Dan taraaa, langsung masuk ke profil kita secara otomatis. Menurut aku sih lebih gampang kalau pakai WeChat. Kadang kalau pakai akun QQ itu takut kelupaan ID dan password kita, jadi saran aku sih lebih enak pakai WeChat. Tenang aja, App WeChat bisa langsung kamu hapus aplikasinya jika dirasa memenuhi memori handphone kamu, tanpa takut profil QQ Music hilang.

Nah itu dia tampilan profi kita. Jika kalian klik "profil kita" maka tampilan akan berbentuk seperti halaman profil utama kita di QQ Music yang bisa diakses member QQ Music lainnya.


Di profil aku terlihat gambar sampulnya itu foto Dimash kan? Tapi itu adalah tampilan otomatis karena aku sering memainkan lagu dia. Di QQ Music bisa terlihat penyanyi siapa saja yang sering kita dengarkan yang tersemat di profil kita. Di QQ Music juga bisa terlihat loh siapa saja yang mengunjungi profil kita di bagian "Profile Visit". Cukup komplit sih fiturnya, ada followers, following (termasuk penyanyi / member biasa), lagu yang kita sukai, sampai komentar di lagu-lagu yang kita dengarkan memiliki kolom tersendiri.

Cara Mencari Lagu & Penyanyi di QQ Music

Setelah berhasil mendaftar dan membuat akun di QQ Music, saatnya berpetualang mencari lagu-lagu kesukaan.

1) Hal pertama yang harus kamu lakukan tentu saja mencari kolom pencarian. Tinggal cari ikon search aja ya lalu tulis nama lagunya atau penyanyinya yang ingin kamu dengarkan. Kali ini aku mencari penyanyi korea yang bernama "Cheeze".


Setelah pencarian ditemukan. Tampilan awal berupa list nama penyanyi dan lagunya. Di kolom sebelah ada beberapa fitur seperti MV, album, playlist, dan lainnya yang berkaitan dengan pencarian "Cheeze". Untuk Lebih jelasnya bisa dilihat gambar dibawah ini ya.




Gampang banget kan? kamu bebas mau ngetik namanya pakai hangul, hanzi, atau tulisan biasa juga bisa. Misalnya kalau kamu cari penyanyi chinese pakai tulisan biasa bukan hanzi tapi ternyata nggak ketemu, mending tetep dicari di google ya namanya dalam bentuk hanzi, abis itu dicari lagi deh.

Dilihat dari kualitas suara oke kok, walaupun jarang yg HD karena akun gratisan hehe. Di page lagu yang kita dengarkan, kita juga bisa memberikan komentar, menyukai lagu dengan menekan tombol "love", dan juga mendownload lagu. Tapi sayangnya fitur download hanya bagi pengguna berbayar ya. Aku sih suka banget dengan aplikasi ini. Selain mendengarkan lagu yang kebanyakan lagu korea ya kalau aku pribadi, aku juga bisa sambil belajar membaca hangul via lirik yang tersedia. Jadi aplikasi ini cocok banget buat kamu yang suka belajar bahasa asing dengan media lagu-lagu.

Dan semenjak aku ngefans sama Dimash, aku jadi tertantang mempelajari bahasa Mandarin & Kazakh, minimal bisa nyanyi lagu dia pakai lirik aslinya. Tapi perjalanan masih jauhhhh, asli lebih susah dibanding belajar hangul genks...

Cara Membuat Playlist di QQ Music

Gak afdol kan kalau pakai aplikasi layanan musik tapi nggak membuat playlist. Caranya juga sangat mudah seperti gambar di bawah ini. Cara pertama kalinya tentunya kamu masuk ke page profil kamu bukan halaman profil utama ya, bagian yang telah aku beri kotak, posisinya di kiri atas. Tinggal ikutin aja ya sesuai tanda panah. "laffff" bisa kamu ganti sesuai nama playlist keinginan kamu.



Cara Menambahkan Lagu di Playlist

Setelah playlist selesai dibuat, saatnya memasukkan lagu-lagu pilihan kamu ke dalam playlist. Cara pertama adalah masuk ke dalam page lagu yang kamu inginkan. Kemudian ikuti langkah sesuai tanda panah di gambar di bawah ini ya.


Di QQ Music juga banyak tersedia playlist-playlist yang dibuat user lainnya, dan rata-rata isi lagunya asik-asik lho. Ada juga top list lagu-lagu yang dibedakan dalam beberapa genre seperti lagu-lagu khusus kpop, jepang, taiwan bahkan top list mingguan / bulanan. Ada pula list-list lagu dari billboard, i-Tunes, Mnet dan lainnya. Kunci cari lagu-lagu baru di QQ Music mah gampang, tinggal asal pencet aja, kalau ada yang disukai, tinggal pencet "love". :p




Berkat QQ Music, aku bisa mendengarkan lagu-lagu Dimash tanpa harus main ke youtube dulu. Aku juga bisa belajar bahasa asing lewat fitur lirik yang tersedia di aplikasi. Karena aku lebih sering mendengarkan lagu korea, untuk list penyanyi chinese sih pengetahuanku masih sangat kurang hehe. Sekarang sih aku lagi suka Joker Xue, lagunya enak-enak. Untuk penyayi taiwan, aku suka Eric Chou. Rekomen lagu dia yang enak tuh ada banyak, seperti This Is Love, 你,好不好 & 如果雨之後. Untuk genre indie, aku suka 李友廷 a.k.a Yo Ting Lee. Lagu-lagu mereka dijamin cocok di telinga cewek-cewek khususnya penggemar OST drakor atau genre indie.

Aplikasi ini rekomen banget deh buat kamu coba. Semoga bermanfaat tutorial kali ini. See you again~ :)

You May Also Like

0 comments