스무살 (20 Years Of Age)

by - 07.27


picture: news.joins.com

스무살 a.k.a 20 Years Of Age adalah salah satu musisi korea yang cukup diperhitungkan disana. Singer-songwriter satu ini selalu punya cara sendiri untuk menunjukkan bakatnya di bidang musik, kebanyakan lagu-lagu yang dia nyanyikan itu adalah lagu buatannya sendiri seperti lirik lagu dan juga posisi dia sebagai komposer pada seluruh lagunya. Tak ayal, banyak penikmat musik indie bahkan pendengar umum yang jatuh cinta pada lagu-lagu ciptaanya.

Dia termasuk salah satu penyanyi favorit aku dalam genre korean indie. Asal mula tahu tentang dia itu cukup lama sih, pertama kali mendengar lagunya kalau nggak salah tahun 2015, nggak sengaja mendengar salah satu orang korea nyanyi lagu ini di smule terus tertarik deh cari tahu tentang lagunya dan penyanyinya. Sayangnya waktu itu aku nggak bisa baca hangul sama sekali, buta huruf banget. Ya jadi cara nyarinya sih pakai copy paste di youtube hehe. Akhirnya ketemu sih lagunya, cuma masalahnya itu jaman dulu susah banget cari nama "스무살" di google karena akunya nggak paham tentang hangul. Udah diubek-ubek sampai mata perih cuma nemunya nama inggrisnya "Twenty" bukan "20 years of age". Dan pada akhirnya nyerah deh cari info tentang dia. T.T

Eh nggak tahunya, 2 tahun kemudian secara nggak sengaja lihat video dia yang terbaru di youtube. Comeback lagu terbaru judulnya "Not Him". Daaann disitulah awal mulanya aku menjadi fan garis keras doi hehehehe......

스무살 debut pertama kali pada tahun 2013. Bisa dibilang bukan official debut karena pada saat itu dia tidak tergabung dalam agensi manapun. Jadi modal merekam lagu cuma pakai laptop + mic aja secara mandiri yang dia lakukan sendiri. Dia termasuk musisi yang produktif karena sering mengeluarkan single-single terbaru dengan caranya sendiri. Beberapa tahun kemudian, ada agensi yang mengontak dia meminta untuk bekerja sama dengan menawarkan kontrak kerja. Agensi itu adalah Shofar Music, agensi yang juga menaungi Bolbbalgan4.

Banyak yang mengira jika umur dia adalah sekitaran 20 tahun sesuai dengan nama panggungnya. Tetapi yang benar adalah umur dia sudah kepala 30 genkss. Bisa dibilang sih udah cocok dipanggil om bukan oppa yak >,< tapi nggak kelihatan ya, mukanya masih awet muda gitu sih hehe.

Banyak kpopers yang juga menyukai genre korean indie. Tapi nggak sebanyak fans idol. Banyak dari mereka yang menikmati lagu-lagu indie karena warna musik yang khas dan sangat berbeda. Nah 스무살 itu salah satu musisi yang juga disukai banyak kpopers. Racikan musik dia yang bisa masuk ke semua telinga pendengarnya, entah masih remaja atau dewasa, rata-rata mereka suka karena warna musiknya yang unik dan easy listening.

Aku sendiri juga pecinta kpop dan indie. Mulai suka genre indie itu karena menurutku musiknya lebih lembut, coraknya beda banget dibandingkan musik dari boygroup/girlgroup. Jujur sih akhir-akhir ini aku jadi jarang banget mendengarkan musik dari boygroup/girlgroup, entah kenapa sekarang aku lebih kecantol sama genre indie hehe.

Buat kamu yang membaca post ini karena penasaran tentang 스무살, gabung yuk di fancafe dia. Spesial buat kamu, aku kasih tutorial untuk join di bawah ini:

HOW TO JOIN 스무살 / 20 YEARS OF AGE FANCAFE

1)  Buka cafe.naver.com/twentyyearsofage
     Click pada tanda panah. (LOG-IN)


2)  Log-in akun naver kamu. Kalau kamu belum punya, bisa menggunakan pilihan akun facebook / line. Tenang aja, perintah membuat akun baru bisa pakai bahasa inggris kok jadi dijamin gampang.


3)  Setelah sukses log-in, akan ada keterangan tentang username kita di sisi pojok atas bagian kanan. Username itu aku menggunakan profil facebook adik aku, karena username aku pribadi sudah terdaftar menjadi member fancafe.


 4)  Click "카페 가입하기"
      Untuk mendaftar awal menjadi member fancafe.



 5)  Isi pertanyaan yang tertera seperti gambar di bawah ini. Ciri khas dari fancafe baik daum atau naver itu selalu menyertakan pertanyaan tentang artisnya sebelum fans bisa gabung pada fancafe. Jadi kita nggak bisa langsung klik trus gabung gitu.

Emang cukup susah sih buat fans internasional, apalagi dengan kemampuan bahasa koreanya kurang sepertiku huhu. Dulu aja aku gabung fancafe kepunyaan BTS susaaahhh banget pertanyaannya. Sampai 6 jam lho bolak balik google-naver buat cari kunci jawaban dan translate artinya. Untung aja sih fancafe kepunyaan mas satu ini gampang untuk dimengerti hehe.


6)  Setelah step 5 beres, otomatis kamu sudah tergabung dalam fancafe ini. Tapi status member kamu masih level paling bawah. Kamu harus level-up status member kamu menjadi "팅커벨" (Tinker Bell) agar kamu bisa melihat postingan secara menyeluruh termasuk postingan dari mas twenty.



7)  Trus gimana caranya?
     Sangatlah gampang. Kamu diharuskan menulis postingan perkenalan pertama kali lalu setelah berhasil diposting, maka status member kamu otomatis naik menjadi Tinker Bell. Cara pertama adalah click menu "가입인사"


 8)  Click pada menu sesuai gambar dibawah ini. Tinggal ditulis aja terserah kalian mau pakai hangul atau bahasa inggris. Kalau aku sih waktu itu pakai bahasa inggris hehe karena bahasa koreaku masih sangat buruk. Aku bisa membaca hangul atau memahami artinya, tapi masih susah untuk menulis. Untung aja member disana baik banget, mereka ngebalas postinganku menggunakan bahasa inggris. Cuma setelah itu aku ngerasa nggak enak kalau pakai bahasa inggris terus karena menurutku posisiku itu adalah tamu, jadi mau nggak mau aku harus pakai hangul untuk mengobrol dengan mereka.



Setelah postingan kamu berhasil dipost, dan status member kamu langsung naik level secara otomatis. Jadi sudah bisa melakukan aktivitas apapun di fancafe.

Beberapa hari kemarin, salah satu member fancafe membuat open chat kakaotalk untuk anggota fancafe. Dan ternyata si mas twenty ikut masuk lho di grup chat ini. Salut banget deh sama dia, dia bener-bener menghargai fansnya. Nggak sombong sama sekali, padahal dia termasuk artis yang cukup dikenal dan punya nama disana. Asli baik banget sama fansnya. Dia banyak mengupload foto dia sendiri di chat group sebagai fan service.

 (ini waktu mas twenty masih kecil. Lucu emezzz yahhh)

Jadi buat kamu yang tertarik dengan mas twenty ini, kalian bisa gabung di fancafe maupun group kakaotalk karena terbuka untuk siapa saja, bahkan mereka sangat welcome dengan fans internasional. Untuk masalah kendala bahasa, jangan takut untuk memulai percakapan dengan member lainnya, karena mereka pasti maklum kalau ada kesalahan sewaktu kita menulis hangul, dan itu tidak menjadi masalah besar. Aku pikir sih kalau gabung dengan fansclub seperti ini banyak benefitnya lho, salah satunya adalah melatih kemampuan bahasa korea kita. Karena tak jarang mereka menggunakan slang word yang tidak ada di kamus, jadi tambah pengetahuan kosa kata baru kan?

Dan yang terakhir...
Buat kamu semua yang ingin mengenal lebih dalam tentang mas twenty beserta lagu-lagunya, kamu bisa menikmati lagu-lagu dia yang telah aku buatkan video playlistnya.



(ini waktu mas twenty perform di Music Bank KBS)

Banyak sekali musisi korea dengan genre indie yang berkualitas, seperti mas twenty ini, Acourve, The Ade, MoonMoon, Standing Egg, MeloMance, dan masih banyak lagi. Genre indie bisa menjadi pilihan musik kamu disaat kamu sedang jengah atau butuh suasana ketenangan. Dijamin deh genre ini bisa menjadi healing stress kamu hehe.

스무살's new single - Bus Stop



You May Also Like

0 comments