Top 3 Best Korean Moisturizers

by - 10.00

Sebelum aku mengenal lebih jauh tentang skincare, dulu itu aku bukan pecinta skincare, tapi lebih ke make-up. Jadi aku memakai skincare ya seadanya. Bahkan belum pernah pakai moisturizer sama sekali. Aku pikir karena aku sebagai pemilik oily skin itu, kulit berminyak nggak butuh pelembab, kalau memakai pelembab malah tambah berminyak. Tapi ternyata itu salah dan sangat sok tau :D Setelah aku tertarik dengan korean beauty baik produk make-up maupun skincarenya, disaat itulah aku mulai belajar banyak tentang skincare yang bagus untuk tipe kulitku.

Memakai pelembab sudah aku lakukan sekitar 3 tahunan. Ya bisa dibilang sangatlah telat diumur aku yang sudah 24 tahun, karena memang sebelumnya aku sangat asing dengan pelembab jadi baru memakainya belakangan ini. Thanks to korean beauty experts yang telah memberikan informasi yang sangat berguna bagi diriku. Dan juga k-beauty youtubers favoritku seperti Liah Yoo, Edward Avilla, Heyitsfeiii, Wishtrend TV, Joan Kim, dan masih banyak lagi. Aku suka banget liat video-video mereka apalagi waktu ngebahas tentang skincare. Cara penyampaian mereka itu sangat mudah dicerna, dan tidak sok menggurui, jadi asyik banget buat ditonton. Aku sih sangat merekomendasikan banget buat kalian sebagai pemula yang ingin belajar tentang skincare untuk menonton channel youtube mereka.

Aku juga belajar dari channel youtube Wishtrend TV bahwa kulit yang berjerawat itu bisa juga disebabkan oleh kulit yang dehidrasi. Kulit yang mengalami dehidrasi akan membuat produksi minyak menjadi berlebih. Produksi minyak berlebih inilah yang memicu pertumbuhan jerawat menjadi sangat cepat. Nah maka dari itu, step pemakaian moisturizer dalam skincare routine kita adalah salah satu step yang paling penting. Sebisa mungkin kita harus mengontrol agar kulit tidak mengalami dehidrasi.

Selama 3 tahun belakangan ini, pelembab adalah salah satu produk skincare yang wajib aku gunakan setiap pagi dan malam. Nggak heran deh sampai beberapa kali gonta ganti merk pelembab karena aku tipe orang yang suka bosan, kalau ada produk baru dengan ingredients yang menarik pasti aku beli hehe. Tapi aku nggak asal beli, produk-produk tersebut pasti aku cari reviewnya terlebih dahulu. Dan pastinya aku cek apakah ada kandungan babi (kolagen babi) atau tidak karena sebagian besar pelembab yang aku beli itu produk korea.

Kulitku itu super sensitif terhadap produk yang baru dipakai. Jadinya aku super aware untuk membeli skincare untuk stage diatas toner / lotion. Ya mau nggak mau aku selalu pilih produk korea yang udah bertahun-tahun pakai dan cocok. Sebenernya aku pengen banget bisa cocok dengan produk lokal karena harga lebih murah dan barang mudah ditemukan dimanapun.

Dari 7 produk pelembab korea yang telah aku gunakan selama 3 tahun belakangan ini, ada 3 produk pelembab terbaik menurutku. Yaitu, Cosrx, Godskin dan Coibana.

1. COSRX Natural BHA Skin Returning Emulsion






Buat pecinta korean skincare pasti nggak asing dengan brand COSRX. Brand ini dikenal dengan bahan yang digunakan adalah bahan-bahan natural, serta membantu dalam healing redness dan acne care. Kandungan molekul BHA organik dalam produk ini dapat meresap sempurna di dalam kulit. Molekul BHA organik sendiri dikenal sebagai bahan skincare yang membantu untuk perawatan kulit berjerawat dan hal-hal yang berkaitan dengan perawatan kulit lainnya, seperti melembabkan dan melembutkan kulit.

Produk ini juga menggunakan ekstrak air Centella asiatica yang digunakan sebagai base untuk formulanya bukan hanya air mineral biasa, dan tentunya menjadikan produk ini lebih menghidrasi kulit kita.

Benefit lainnya yang bisa kita dapatkan dari COSRX Natural BHA Skin Returning Emulsion ini adalah memperbaiki tekstur kulit kita, mengurangi kilau di wajah akibat minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati dan juga sebagai solusi yang tepat untuk pemilik kulit oily to combination yang juga bermasalah dengan acne / breakouts, karena produk ini memberikan hidrasi pada kulit secara lebih mendalam dan juga membersihkan pori-pori.

Aku memakai produk ini sudah berjalan sekitar 5 bulanan. Kesan pertama memakai produk ini tuh teksturnya sangat lightweight jadinya cukup cepat meresap di kulit. Untungnya sih awal-awal pemakaian, aku tidak mengalami breakout sama sekali. Tapi beberapa hari kemarin, sepertinya aku memakai produk ini terlalu banyak, nggak tahunya besoknya langsung muncul bintik-bintik putih gitu di wajah aku, nggak banyak cuma 3 titik doang sih, dan hal ini membuat aku lebih aware untuk tidak asal mengapply produk terlalu banyak. Jadi buat teman-teman, kalau memakai pelembab walaupun lightweight tapi memiliki kandungan aktif seperti AHA dan BHA, jangan sampai memakai terlalu banyak ya, cukup 3-4 pump saja. Jika dirasa kurang melembabkan, bisa ditambahkan dengan produk pelembab biasa.

Kelebihan emulsion ini dibandingkan dengan pelembab biasa, kandungan BHA yang dapat membantu dalam hal membersihkan pori dan mengangkat sel kulit mati, jadi fungsinya tidak hanya melebabkan kulit saja. Yang aku notice selama 5 bulan memakai pelembab ini, kulit aku menjadi lebih lembab, jerawat juga jarang datang kecuali karena hormon. Aku suka banget dengan produk ini karena selain fungsinya sebagai pelembab, juga berfungsi sebagai acne care, dan Alhamdulillah sih cocok sampai sekarang asalkan pemakaiannya benar dan wajar hehe.

Satu kekurangan dari produk ini sih sepertinya wanginya yang kurang oke menurut penggunanya. Wangi emulsion seperti wangi aromatherapy gitu, mirip wangi minyak kayu putih deh, tapi buat aku sih nggak masalah karena wanginya cepat hilang, tapi buat yang sensitif terhadap wangi-wangi unik, mungkin kurang cocok kali ya. Emulsion ini digunakan setelah step toner ( hydrating toner & exfoliating toner) dan first treatment essence . Bisa digunakan baik pada pagi maupun malam hari. Kalau aku pribadi sih, aku hanya memakai di pagi hari saja.

PRICE: Rp. 192.000

ISI: 100ml


Where To Buy: Beautylink Sociolla atau di online shop lainnya sudah banyak yang jual. Produk COSRX cukup banyak dijual di online market jadi gampang sekali ditemukan dimanapun.

2. GODSKIN Rucme Mong Choux Moisture Cream





Untuk brand GODSKIN sendiri, bukanlah brand asing di telinga aku. Aku udah pernah mencoba produknya yang jenis sabun muka, overall sih suka. Jadi aku tertarik untuk mencoba produk lainnya. Salah satunya adalah produk pelembab yang bernama Rucme Mong Choux Moisture Cream. Kata "Mong" dalam nama produknya berasal dari "Jamong", yang berarti grapefruit. Kandungan ekstrak grapefruit dalam produk ini yaitu 75%. Bahan lainnya yang digunakan dalam produk ini seperti ekstrak lemon, niacinamide, coconut oil, glacier water, bamboo, paprika dan bahan natural lainnya.

Pelembab ini bukan hanya berfungsi sebagai pelembab biasa, kandungan niacinamide didalamnya dapat membantu untuk mempercerah skintone wajah. Produk ini termasuk pelembab yang light, jadi untuk diserap kulit tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Wanginya cukup menyegarkan, semacam wangi citrus gitu. Walaupun light, aku biasanya memakai hanya 2 pump saja, karena menurutku aku udah cukup melembabkan. Kalau terlalu banyak, jadinya terlalu greasy di kulit.

Untuk spot pemakaian pelembab ini, bisa dimana saja, di bagian kulit yang butuh moisturizer. Jadi pemakaiannya bukan hanya khusus di muka saja, di tangan pun juga bisa jika dirasa kering. Aku memakai pelembab ini hampir 1 tahun. Walaupun isinya hanya 80ml, tapi sampai saat ini masih ada lho isinya sekitar 20% after pemakaian 1 tahun, nggak ngerti sih nggak habis-habis mungkin karena aku pakai gonta-ganti sama pelembab lainnya kali ya.

Selama pemakaian, pelembab ini cukup bagus untuk melembabkan kulitku yang oily, kadang juga aku pakai sebagai base make-up, bagus sih hasil foundationnya jadi lebih smooth walaupun nggak pakai face primer. Untuk kemasannya juga cantik, eye catching banget. Untuk efek mempercerah skintone, yang aku lihat sih sedikit mempercerah skintone kulitku, mungkin karena aku mix dengan produk whitening lainnya jadi hasilnya cukup terlihat.

Aku sih suka banget sama pelembab ini, pengen banget buat repurchase tapi udah cari di online market di indo, cuma produk ini aja yang nggak ada, nggak dijual gitu. Ada sih yang jual produk dari GODSKIN, tapi semuanya yang dijual bukan produk ini. Waktu aku beli sih dari seller singapore, tapi sekarang itu seller udah ngilang entah kemana. :'(

PRICE: ± Rp. 200.000 (not sure berapa tepatnya, dulu beli udah include ongkir dari singapore)

ISI: 80ml

Official Website: http://www.god-skin.com/

Where To Buy : Aku beli di salah satu online market di Indo, tapi posisi sellernya di Singapore. Udah aku cari ternyata doi ngilang, lapaknya udah nggak ada gitu. Untuk cari pelembab ini di indo sepertinya susah, tapi untuk produk lainnya dari GODSKIN sih banyak kok bertebaran di online market. Opsi lainnya sih tentunya beli di online shop luar. 

Kalau kamu kebetulan sedang di korea dan penasaran dengan produk ini, nggak ada salahnya buat mencoba membeli baik online atau offline. GODSKIN udah punya stand sendiri gitu sih setau aku, tapi aku lupa tepatnya dimana. Opsi lainnya bisa order online, mumpung di korea kan? biar ongkir murah hehe. Kamu bisa beli di official website GODSKIN, murah lho cuma 9.900 won (kisaran 125 ribuan) atau di gmarket seharga 29.800 won (kisaran 377 ribuan).

3. COIBANA Red Ginseng Soothing & Moisture Cream







Tertarik beli ini karena bahan utama yang digunakan dalam produk ini sangatlah menarik, yaitu ginseng merah khas korea. Ini pertama kalinya aku punya skincare berbahan dasar ginseng merah. Kalian tau sendiri kan gimana bagusnya ginseng merah untuk kesehatan. Coibana mengolahnya menjadi bahan yang digunakan dalam produk skincarenya. Bukan hanya ginseng merah saja, bahan-bahan natural lainnya juga ada dalam produk ini seperti green tea, cucumber, aloe vera dan theobroma cacao. 

Produk multifungsi ini bukan hanya sebagai soothing & moisture cream saja, benefit yang bisa didapatkan lainnya adalah whitening / anti wrinkle. Kandungan saponin dalam ginseng merah membantu untuk mengimprove skin-firmness. Jadi, jika kulitmu menjadi less firm & elastic, berarti fibroblast dalam kulitmu tidak berfungsi dengan sempurna. Fibroblast sendiri bertugas untuk memproduksi kolagen dan elastin. Jika produksi tersebut terhenti, otomatis kulit kehilangan elastisitas dan munculah yang namanya kerutan. Saponin juga berguna sebagai antioksidan, yang dapat menahan kulit terhindar dari efek buruh sinar UV A & B. 

Bahan-bahan dari tumbuhan dalam produk ini seperti green tea, cucumber, aloe vera dan kakao memberikan efek soothing pada kulit yang terkena paparan sinar UV. Pelembab ini bertekstur gel yang sangat light. Dari 3 pelembab favoritku, pelembab inilah yang paling cepat meresap dikulitku dan nggak terasa sticky sama sekali. Dan pelembab inilah yang paling aku suka wanginya, seriusan enak banget deh wanginya. Mirip wangi hand cream gitu, lembut banget. Jadi pelembab ini mengandung fragrance ya teman-teman, jadi nggak cocok buat yang sensitif terhadap fragrance.

Sama seperti pelembab kepunyaan GODSKIN, pelembab ini juga bisa digunakan baik pada muka maupun bagian badan. Untuk tingkat kelembaban menurutku berada di peringkat 3. Jadi jika aku pakai pelembab ini, pasti berlayer-layer deh. Tapi nggak masalah sih buat aku, karena enak dipakai dan wanginya bisa mereduce stress hehe. Produk ini bagus juga lho untuk campuran bb cream. Hasilnya membuat bb cream yang kita pakai jadi lebih glow.

Untuk repurchase sih aku pengen banget deh, sayangnya produk ini udah nggak dijual di seller indo. Memang rada susah cari produk dari brand korea yang peminatnya minim. Padahal untuk kualitas produk bisa diadu lho sama brand-brand korea yang udah besar. Banyak banget brand-brand yang pengen aku coba, sayangnya susah cari di indo, termasuk GODSKIN, Coibana, Lilybyred dan Dermatory. Kalau beli di luar sayang ongkirnya, nggak rela aja ngeluarin ongkir sampai 150ribu hehe.

PRICE: Rp. 116.000 (Beli d Indo) & Rp. 406.000 (Beli di Korea, Buy 1 get 1)

ISI: 60ml


Where To Buy: Aku beli waktu itu di elevenia, tapi produk ini udah nggak ada, maybe udah out of stock kali ya. Opsi lain sih beli di gmarket atau official websitenya. Tapi memang lebih mahal harganya dibanding di indo, sekitar 32.000 won ( kisaran 406 ribuan) dapat 2 buah. 

You May Also Like

0 comments