My Happiness

by - 09.14

Hai~~~ lagi gak ada kerjaan nih jadinya pengen dikit cerita-cerita gitu hehe. Sebelumnya, Selamat Hari Kemerdekaan ke-70 untuk Republik Indonesia kita tercinta ini. Mumpung nulis post pas tanggal 17 Agustus, sekali sepanjang tahun x)) 

Okay, balik lagi nih ke tujuan utama penulisan post ini #halah tumben yah saya pakai judul sok-sok an romantis gitu, eitsss tapi post ini sih bukan berkaitan tentang my private lope lope kok, ya gimana ya, orang ga punya lope lope mau lope siapa *dikeplak Lee Minho

Ehmmmm. kalau ngomongin My Happiness, selalu ada satu yang ada dan selalu terngiang di kepala saya, the one and only, My Happiness selama 3 tahun terakhir ini. Iya, Kebahagiaan saya selama ini adalah KPOP. Yes, Kpop is My Happiness, the reason to My Happiness. Gak ngerti juga sih kenapa bisa addict banget. Padahal ya kata temen sih sebelumnya jaman SMP saya itu ga tertarik sama sekali sama Kpop. Padahal itu lagi booming-booming Boys Over Flowers yang ditayangin di Indosiar. Orang lain pada rame-rame bahas Kpop, Saya? Lagi gila-gila nya sama Yovie and Nuno. Saking gilanya, pernah tuh bela-belain nonton konser YN sampe jam 1 dini hari kalau ga salah, abis itu 3 hari dicuekin Ibu. :'(

Setelah kelulusan SMP, seinget saya Boys Over Flowers ditayangin ulang di Indosiar. Malem-malem gitu jam 11 apa ya rada lupa sih, nah di momen ga ada kerjaan jadi pengangguran selama sebulan, mulai deh iseng-iseng nonton BBF. Mulai rada tertarik waktu liat Kim Hyun Joong, salah satu anggota dari genk F4 yang paling baik pokoknya paling punya kharisma di drama. Mulai deh ngikutin drama itu, siapa coba yang nggak tertarik sama 4 flower boys. Nah memasuki SMA, mulai berkurang demam drama korea, waktu itu sih kayaknya lagi tertarik sama dunia gigs. Hiksss labil banget ya saya >,< 

Kenapa saya suka gigs? entahlah~ tiba-tiba aja jadi tertarik sama metal-metalan gitu. Jaman SMA sering banget tuh dateng ke acara Gigs di TBRS, tapi tetep dong tergantung bintangnya siapa. Ada satu band indie yang cukup terkenal di Semarang, bahkan luar Semarang banyak yang tahu, nah saya ngefans banget sama salah satu personilnya. Tiap lihat pamflet Gigs yang ada band mereka, sekuat tenaga kuda, sekuat budget Syahrini, saya berusaha buat dateng, seneng aja gitu liat dia perform di atas panggung, cowok mah kalau udah pegang alat musik kharismanya naik drastis. 

Jadi pecinta gigs kayaknya ga terlalu lama, abis lulus SMA mulai berkurang tuh nonton konser, pensi sekolah lain ataupun gigs. Ya gara-gara susahnya buat cari kuliahan. Akhirnya gak ada waktu buat ngegigs. Jadi banyak ketinggalan info deh.

Mulai memasuki dunia kuliah, mulai deh terserang demam korea. Kalau ga salah sih gara-gara nonton Dream High yang tiap siang ditayangin di TVku. Padahal nontonnya udah telat berapa episode tuh. Ya gimana lagian sering dapet kelas siang, pulang rumah jam setengah 4 dan Dream High selesai jam setengah 4. Suka Dream High karena jalan ceritanya bagus, dan juga Soundtracknya asli keren semua. Gara-gara Dream High juga, saya mulai jatuh hati dengan Kpop. Racikan musik Kpop itu enak banget, saya ngerasa nyaman aja tiap hari sampai sekarang pun, detik ini pun saya nulis post ini sambil dengerin Kpop. Walaupun kita nggak terlalu tau arti dibalik lagu-lagu tersebut, tapi hebatnya ya Kpop lovers bisa nikmatin lagu kpop sampai nangis cuma karena melody lagunya melow. T.T

Grup Kpop yang pertama kali ngebuat saya jatuh hati itu 2AM. Salah satu Grup bentukan JYP yang mengusung genre Ballad. 2 Personil 2AM itu ngisi Sountrack di Dream High, jadinya saya mulai kepo deh cari-cari info tentang mereka. Mulai ngedengerin lagu-lagu mereka di Preview Itunes.

Ga cuma berhenti di 2AM, saya mulai tertarik dengan grup lainnya. Salah satunya EXO, yang sekarang lagi terkenal-terkenalnya banget di seluruh dunia. Kenapa suka EXO? alasan utama karena musiknya yang menarik. Beda genre dengan 2AM, dan waktu itu mereka masih hot debut, masih belum se-terkenal kayak sekarang. Sedih ya kalau flashback ke waktu itu, EXO masih komplit anggotanya, sekarang? ilang 3 anggota. Sedihnya lagi, kemaren-kemaren kan EXO sempet mampir tuh ke Indo, tapi saya nggak dibolehin nonton, waste money banget kata Ibu, kecuali saya udah kerja udah punya uang sendiri sih silahkan aja. T.T

Kalau dijabarin berapa banyak grup yang saya suka, penuh deh post ini. Nggak cuma Kpop aja sih yang menarik minat saya, K-indie juga lagunya enak-enak. Ehm satu lagi yang lagi hot akhir-akhir ini, Foreigners mulai banyak yang tertarik dengan Hip-Hop. Bisa dipastiin sih banyak lagu dari idol grup yang didalamnya ada unsur Rap-nya, atau nggak mereka memang mengusung genre Hip-Hop. Salah satu Favorit saya sih kalau dari Idol Grup ada Bangtan Boys sama Topp Dogg. Lagu mereka bisa ngebuat kalian tanpa sadar angguk-angguk kepala. >.<

Ada tuh acara TV di Korea yang lagi hits banget lah buat anak muda disana, namanya Show Me The Money, yang sekarang ini udah season ke- 4. Jadi itu tuh acara persaingan gitu macem kontes antar Rappers, kalau nonton acara itu disetiap episode disetiap menit ada tuh yang disensor. Nggak lagu yang dibawain, sampai cara ngomong Rappers itu juga disensor. Tapi ini acara seru, Kalau mau nonton saya saranin sih cari yang engsub bukan Raw, apalagi kalau udah waktunya perform nge-diss antar kontestan, lirik yang udah ditranslate ke engsub ngebantu banget buat kita, makin seru deh pokoknya.

Ohya, kalau ngomongin masalah Hip-Hop di korea. Ada tuh satu masalah dari dulu nggak pernah selesai. Mereka masih ngebedain loh antara Rappers Underground dengan Rappers Idol. Bedanya itu kalau Rappers Underground, gampangannya sih mereka punya jalan sendiri buat menunjukkan eksistensi mereka di dunia Hip-Hop, dalam artian mereka ada di jalur anti mainstream tanpa ada campur tangan company, mereka bermusik ya karena mereka suka tanpa ada pihak lain yang istilahnya ngerusuhi musik yang dibuat. Beda sama Rappers Idol, mereka ini memang punya bakat Rap, tapi kadang company tetap ikut campur di musik mereka, harus tetap ikut pasar, gimana kondisi pasar, dengan bantuan company, mereka lebih mudah buat ngepasarin produknya gitu.

Nah hal inilah yang banyak ngebuat Underground Rappers merasa Idol Rappers itu tuh cuma boneka aja dari company mereka. Masih banyak Rappers Undergorund yang menganggap Idol Rappers tuh bukan Rappers sejati, gampangannya sih "LU IKUT IDOL GRUP AJA SANA SESUAI TAKDIR LU, GAK USAH SOK-SOKAN MAU MASUK DUNIA HIP-HOP YANG SEBENERNYA"

Buat lebih jelasnya tentang persaingan antar mereka, kalian bisa nonton Show Me The Money 4, di season kali ini banyak Idol Rappers yang join. Tapi banyak juga yang nggak lolos. Cuma 10% dari mereka yang lolos tahap pertama, tahap selanjutnya? bisa dilihat sendiri ya~ ntar spoiler lagi. Tapi emang bener sih di SMTM4 kali ini, Rappers nya jago-jago semua. Kalau menurut saya sih ya mau Underground Rappers kek atau Idol Rappers sama aja sih sebenernya. Semua tergantung bakat mereka. Bahkan SMTM season sebelumnya, pemenangnya itu bisa dikatakan Idol Rappers, namanya Bobby dari YG Ent, Calon idol yang mau debut. Kalau ngomongin ini sih ga bakal selesai-selesai ini mah. ~.~

Okay, balik lagi nih ke bahasan sebelumnya. Kpop - Kdrama itu saling berkaitan. Pasti deh Kpop Lovers itu juga K-Drama Lovers. 3 tahun ini juga saya kerjaannya streamingan Kdrama. Ya gimana ya, acara TV ga ada yang menarik. Hiburan satu-satunya cuma streamingan. Makanya saya jadi boros banget buat pulsa internet dibandingin pulsa telepon. Kalau saya sih tipe nggak bisa nunggu download-an, jadi saya lebih suka streaming online drama-drama terbaru. Salah satu favorit site yang selalu saya kunjungi tiap minggu, Dramafire.com dan Kshowonline.com yang selalu update bahkan tiap hari. Saya suka nonton Return of Superman, 1 Night 2 Days, dan drama lain yang lagi hot-hotnya. Dan yang penting di Dramafire kualitas bukan HD, jadi bisa sekalian rada ngirit kuota. x)

Selama 3 tahun jadi Kpop Lover, banyak banget kebahagiaan dan benefit yang saya rasakan. Salah satunya saya jadi tambah temen dari luar negeri yang sama-sama suka Kpop, istilahnya satu Fandom gitu. Hal lainnya secara ga sadar para Kpop Lovers otomatis ngeimprove kemampuan bahasa inggris mereka. Ya karena tiap ngobrol dengan fans lainnya apalagi dari luar negeri, mau nggak mau harus pakai bahasa inggris. Selain itu, kita jadi familiar dengan bahasa korea, nggak cuma "Saranghae" atau "Annyeonghaseyo" aja, kita perlahan jadi ngerti gimana sih cara ngomong bahasa korea yang bener, ya dari Kpop dan Kdrama. ^^

Dan yang terpenting, Alhamdulillah saya sering dapet hadiah tanda-tangan dari artis Kpop Idola saya. Itu adalah salah satu kebahagiaan yang nggak bisa saya ungkapin dengan kata-kata. Allah selalu aja ngasih cara supaya saya bisa menang. Allah baik banget ya. :')

Di bawah ini ada beberapa hadiah yang pernah saya dapetin, dan semuanya Grup Idol yang memang saya favorit-in, sampai sekarang masih nggak nyangka bisa dapetin ini. Nggak tahu juga, mengalir ngitu aja sih ya. :')

POSTER 2AM
Sebelumnya pada bahasan di atas, saya udah cerita kan kalau 2AM adalah idola pertama favorit saya setelah saya terjerumus ke dalam dunia Kpop *halah Bisa dibayangkan rasanya saya seneng banget bisa dapet ini. Caranya waktu itu gampang banget, tinggal ngetweet sebanyak-banyaknya gitu. Gara-gara ngebet pengen menang jadinya nyepam timeline temen-temen di twitter. Maaf ya guys, kepepet. ~.~ Hadiah ini dari KBS A SONG FOR YOU. Terima Kasih. ^^

POLAROID 2AM
Loh dapet lagi nis? *itu kata temen-temen* Iyaaaa~ tapi ini saya nggak dapet dua hadiah dari part yang poster, ini beda lagi sih. Jadi 2AM itu Guest Star di KBS A SONG FOR YOU juga sama kayak yang diatas. Cuma untuk hadiah ini, ada di episode selanjutnya gitu. Kan memang waktu itu lagi ngefans banget sama 2AM, lihat peluang hadiah kayak gini nggak mungkin kan dicuekin aja hehe. Alhamdullilah dapet deh. ^^

ALBUM 2AM



Hadiah yang paling besar dan paling berarti selama saya ngefans 2AM. Hadiah ini kalau nggak salah dari 1thek, tapi sebelumnya waktu saya ikut kuis ini, namanya masih Loen Music. Caranya? kalau ga salah sih kita ngasih komentar gitu tentang penampilan 2AM di program ASK IN A BOX. Iseng-iseng aja nulis komentar, dan Alhamdulillah menang. Yang ngebuat seneng lagi tuh yang ngereview penampilan 2AM banyak banget, tapi pemenangnya cuma 1. Dan lucunya tuh waktu itu saya udah hopeless nggak mau terlalu berharap menang, apalagi pengunguman pemenang lamaaaaaa banget hampir sebulan. 

Pada suatu hari, entah kenapa saya iseng-iseng nge-google nama sendiri *narsis abiz parah* dan taraaaaaa muncul nama saya di google sebagai pemenang 2AM AIAB. Untung aja ya saya liat itu tuh masih beberapa hari setelah pengunguman, kalau lebih dari seminggu atau dua minggu, hangus hadiahnya. 

ALBUM WINNER



Jadi, Winner itu tuh termasuk rookie (Grup Pendatang Baru), tapi termasuk monster rookie, karena kalau rookie lain banyak yang masih asing di telinga masyarakat, tapi kalau Winner, sebelum debut aja udah bejibun fansnya. Semua karena Survival Show dari YG Ent, Winner yang pada akhirnya jadi pemenang untuk debut dahulu dibandingkan grup saingannya. Nah saya ngikutin tuh Survival Show itu dan memang dari awal ngedukung Winner jadi pemenangnya. Jadi bisa dapet ini rasanya bahagiaaaaaa bangetttttt. Ini hadiah dari Soompi. Emang Soompi suka ngebagiin hadiah-hadiah gitu tentang Kpop sampai Kosmetik dari Korea. 

Ini juga pertama kalinya saya ikut kuis dari Soompi. Susah-susah gampang kalau ikut kuis dari Soompi. Gampangnya itu tuh cuma share postingan kuis abis itu tulis di kolom komentar. Susahnya? Komentarnya ribuan T.T otomatis yang ikut banyak banget dan pasti pada ngisi komentar sampai puluhan biar dibaca pihak Soompi. Ya susahnya itu loh komentar kita yang udah usaha ngeshare kemana-mana eh ketutup sama komentar lainnya. Jadi peluang komentar kita nggak dibaca sama pihak Soompi itu gede banget.

Tapi Alhamdulliah, saya cuma 3 kali nulis komentar dan ternyata Soompi ngebaca komentar saya. Setelah baca pengunguman pemenang, rasanya pengen nangis. Ini semua berkat Allah yang memuluskan jalan. Selalu ada aja jalan yang diberikan Allah. Dan pemenangnya itu cuma 5 orang. 3 orang pemenang termasuk saya ternyata dari Indonesia. Wah bangga jadi Kpopers INA. :')

POLAROID CROSS GENE 



Hadiah ini saya dapetin dari KBS A SONG FOR YOU juga *lagi dan lagi*, Emang ya KBS A SONG FOR YOU itu tiap episode pasti ngasih hadiah bertanda-tangan Guest Star ke fansnya, baik banget emang tim produksinya. awalnya nggak ada niat ikutan cuma waktu itu sekilas lihat kuis ini di Facebook, Rulesnya gampang banget tinggal nulis di kolom komentar. Waktu itu saya lihat udah ratusan komentar aja. Iseng deh akhirnya ikutan nulis komentar. Nggak berharap banyak soalnya cuma 2 pemenang yang dapet, dan kangen aja udah lama nggak dapet kiriman pak pos dari korea *alay betz pliz* dan beberapa hari setelahnya, Alhamdulillah bisa jadi pemenang, padahal nggak berharap banyak. Terima Kasih Ya Allah. :')

SERTIFIKAT DEOKSPATCH 




Yang ini sama kayak Winner, saya ngikutin mereka dari awal, dari Survival Show yang diadain sama Company mereka, Starship Ent. Pemenangnya yang sekarang udah debut, namanya MONSTA X. Ini hadiah dari 1thek. Caranya gampang sih waktu itu, Misinya namanya "Reporter Wanted", jadi tiap minggu 1thek ngasih tema tentang apa yang kita capture di show mereka. Nah yang saya ikutin itu tema nya "Trainee's Reversal Attraction", nah capture yang saya ambil saya kirim ke pihak 1thek. Padahal cuma iseng-iseng aja sih ikutnya, beberapa minggu kemudian 1thek ngepost picture yang kedua dan ada nama saya + Capture-an saya. Seneng banget rasanya yah. Tapi sedihnya itu Reporter-Reporter pemenang yang ada di Korea diberi kesempatan buat syuting bareng, dateng langsung ke tempat syuting. Andai aja yah saya waktu itu disana. :'(

POLAROID TOPP DOGG


Saya udah ngefans Hip-Hop grup idol ini udah lumayan lama. Selain karena personilnya ganteng-ganteng *tetep mah cewek gitu sukanya* lagunya asik semua, beat nya itu loh gak kuwkuw. Ini hadiah dari Zenith News, portal berita dari Korea. Caranya waktu itu gampang banget, ngetweet apa gitu sekali doang disuruhnya, lupa saya ngetweet apa. Hadiah yang dibagiin ada 14 Polaroid. 12 Polaroid masing-masing foto personil, yang 2 lagi foto Grup bareng-bareng gitu. 

Waktu ada pengunguman pemenang, dan saya termasuk satu dari pemenang, seneng banget deh tapi sayangnya kan kita nggak tahu tuh kita dapet polaroid yang mana. Hampir sebulan nunggu kiriman ini dengan was-was, pengen banget dapet foto Kidoh, salah satu personil yang fave banget buat saya. Dan teretereetet, ternyata dapet Polaroid yang Grup bareng-bareng, seneng banget Zenith News ngasih ke saya yang komplit. Makasih ya. :3 

ALBUM 2PM


Nah yang ini baru-baru aja saya dapetnya. Sejak jaman demam Dream High, saya ngefans banget sama pemain di Dream High namanya Wooyoung. Dia itu juga termasuk personil dari 2PM, Sodaranya 2AM. Siapa sih Kpopers yang nggak kenal 2PM. Mereka termasuk grup papan atas di Korea dan juga punya bejibun fans di dunia termasuk Indonesia. Kemarin juga sempet kan ngadain konser di Indonesia. Sayang nggak nonton karena terkendala izin. :'( Tapi dapet hadiah ini sih udah cukup buat saya. Dan album dengan judul NO. 5 ini saya suka semua tracklist nya. Salah satu album terbaik dari 2PM. Rasanya dapet album ber-ttd 2AM + 2PM itu rasanya nggak bisa diungkapin dengan kata-kata. Big thanks to JYP Ent. <3

Jadi nih ya buat Kpopers yang ngerasa nggak pede buat nunjukin dirinya itu Kpopers, Santai aja lagi.... Take it easy. Setiap orang berhak untuk mendapatkan kebahagiaan dengan caranya tersendiri, termasuk saya. Kebahagiaan yang saya dapatkan melalui Kpop dan Kdrama. Dan saya nggak malu tuh buat ngakuin kalau saya memang termasuk pecinta Kpop. Tapi tetap ada batasnya. Saya udah dewasa, nggak mungkin kan saya beli barang-barang official dari Idola saya dengan harga ratusan ribu rupiah. Kecuali kalau memang saya udah punya penghasilan sendiri, nyatanya? saya masih numpang sama orangtua. Ya wajar sih namanya fans pasti beli berapapun harganya. Kalau saya sih kalau album tetap saya akan beli, kalau macem boneka, gantungan kunci, bantal, notes? nggak deh cyin, duitnya dibuat nabung nonton konser aja suatu saat nanti.

Ohya satu lagi, tentang persepsi orang mengenai Kpop yang norak? Bagi saya sih nggak masalah. Terserah orang mau berpikir tentang Kpopers alay Kpop norak. Toh juga nggak mempengaruhi kehidupan per-kepop-an saya kok. Tiap orang kan punya otak masing-masing dan tentunya persepsi mereka beda-beda. Nggak mungkin juga kan mereka disuruh suka Kpop. Lagian selera orang sih beda-beda, ada yang lebih suka Western, ada yang suka Asia. Saya sih suka semua hehe as long as musiknya memang nyaman di telinga saya. 

Dan perlu diinget, kadang Kpop Idol itu perjuangannya nggak bisa dibilang mudah buat sampai puncak popularitas seperti sekarang. Mereka mengalami fase-fase beratnya kehidupan lebih berat dari yang kita rasakan sekarang ini. Bayangin aja, jadi trainee 7-8 tahun, terpisah dari keluarga, hidup di dorm sempit, susah buat menikmati masa-masa remaja seperti remaja biasa, dan bagaimanapun caranya harus tetap survive selama bertahun-tahun kalau nggak mau keluar dari perusahaan. Karena itu, Kpop Idol juga sebagai motivasi buat saya, saya sering ngebandingin perjuangan mereka dibandingin perjuangan saya yang bisa dikatakan belum apa-apa. :)

You May Also Like

0 comments